ABON IKAN LEMADANG, PRODUK OLAHAN KOMODITAS IKAN DESA KUBUTAMBAHAN

Admin 26 Agustus 2022 13:10:31 WITA

Sebagai desa yang memiliki komoditi unggulan di bidang perikanan laut, Kubutambahan bukan hanya menghasilkan boga bahari segar yang berkualitas, melainkan juga produk-produk olahan dari hasil tangkapan nelayan. Salah satu produk olahan tersebut adalah abon ikan.

Kelompok Pengolahan dan Pemasaran (Poklahsar) Putri Baruna Segara merupakan kelompok binaan untuk produksi abon ikan yang telah berdiri sejak tahun 2002.

Abon ikan hasil produksi Poklahsar Putri Baruna Segara menggunakan bahan dasar ikan lemadang segar yang merupakan hasil tangkapan kelompok nelayan di Dusun Kubuanyar, Desa Kubutambahan.

Ikan lemadang sendiri merupakan ikan yang kaya protein, sumber vitamin B3, B6, dan B12, kalium, asam lemak Omega 3, serta rendah lemak. Menurut USDA FoodData Central, per 3 ons daging ikan mahi-mahi mengandung 20 gram protein, yang merupakan 43% dari kebutuhan asupan protein harian untuk wanita dan 36% untuk pria. Vitamin B6 yang terdapat di dalamnya sangat bagus untuk memaksimalkan perkembangan dan fungsi otak anak-anak.

Selain itu, dalam 100 gram ikan lemadang mengandung hanya 0,59 gram lemak, oleh karena itu sangat cocok dikonsumsi untuk yang tengah dalam program diet ataupun berolah raga. Berbeda dengan abon ikan tuna, ikan lemadang memiliki risiko yang lebih rendah untuk terpapar merkuri di lautan, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

Komentar atas ABON IKAN LEMADANG, PRODUK OLAHAN KOMODITAS IKAN DESA KUBUTAMBAHAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Kubutambahan

tampilkan dalam peta lebih besar