GOTONG ROYONG DI PURA NEGARA GAMBUR ANGLAYANG

ADMIN 03 November 2023 13:57:48 WITA

Jumat, 3 November 2023 Pemerintah Desa Kubutambahan melaksanakan kegiatan gotong royong di Pura Negara Gambur Anglayang, Banjar Dinas Kuta Banding, Desa Kubutambahan. Kegiatan ini sekaligus untuk mempersiapkan Upacara Dewa Yadnya (Piodalan Agung) yang akan jatuh pada hari Rabu, 29 November 2023. Piodalan sendiri dapat diartikan sebagai perayaan hari jadi tempat suci. Upacara piodalan merupakan kewajiban krama desa/wilayah Pura tersebut dalam rangka wujud syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa beserta seluruh manifestasinya yang disthanakan di Pura Negara Gambur Anglayang. 

Pura Negara Gambur Anglayang adalah tempat suci tertua yang ada di Desa Kubutambahan. Masyarakat setempat sering juga menyebut Pura Negara Gambur Anglayang sebagai Pura Pancasila dan Pura Multikultur karena tempat suci yang berdiri di tepian pantai wilayah Kuta Banding ini memiliki sederet pelinggih dengan simbol etnik dan agama berbeda, sehingga Pura Negara Gambur Anglayang sering juga disebut sebagai Pura Multikultur. Terdapat delapan bangunan pelinggih yang terletak di jeroan (dalam) Pura Negara Gambur Anglayang. Kedelapan bangunan pelinggih inilah yang mencerminkan keragaman etnik dan agama di nusantara. Keseluruhan bangunan itu pun memiliki corak dan ornamen yang berbeda antara satu dengan lainnya, seakan membawa mewakili suku, ras dan agama tertentu yang ada di Indonesia.

Deretan bangunan pelinggih di Pura Negara Gambur Anglayang diantaranya bernama, pelinggih Ratu Bagus Sundawan, kemudian pelinggih Ratu Bagus Melayu, juga pelinggih Ratu Ayu Syahbandar dan Ratu Manik Mas, selanjutnya pelinggih Ratu Pasek, Dewi Sri dan Ratu Gede Siwa yang mencerminkan unsur Hindu. Dan bangunan pelinggih yang paling unik diantara deretan bangunan di Pura Negara Gambur Anglayang adalah pelinggih yang bernama Ratu Gede Dalem Mekah.

Komentar atas GOTONG ROYONG DI PURA NEGARA GAMBUR ANGLAYANG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Kubutambahan

tampilkan dalam peta lebih besar