PERTEMUAN KETAHANAN KELUARGA BERBASIS KELOMPOK KEGIATAN

ADMIN 24 Oktober 2023 12:38:59 WITA

Selasa, 24 Oktober 2023 Pemerintah Desa mengikuti kegiatan sosialisasi Penyiapan Perencanaan Kehidupan Berkualitas dan Generasi Berkualitas Bagi Remaja yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Desa Kubutambahan yang dihadiri pula oleh Remaja dan Perwakilan Keluarga yang memiliki Remaja usia 10-24 Tahun di wilayah Desa Kubutambahan. Sosialisasi ini membahas terkait dengan pentingnya Persiapan Berkeluarga yang dimulai sejak Remaja dan upaya dalam menanggulangi permasalahaan pada remaja. Persiapan berkeluarga dapat dimulai sejak remaja merupakan tindakan yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi. Program-program sebagai upaya Membangun Keluarga Berkualitas melalui Pembinaan Ketahanan dan Kesejahteraan Berkeluarga agar keluarga mampu menjalankan fungsi keluarga secara optimal, program tersebut dibagi menjadi 4, yaitu:

  1. Kelompok BKR : Bina Keluarga Remaja (BKR) merupakan salah satu kegiatan yang sangat strategis dalam mengupayakan terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) potensial melalui upaya meningkatkan terwujudnya pengetahuan dan keterampilan keluarga dalam mengasuh dan membina tumbuh kembang remaja melalui peran orang tua dalam keluarga. BKR adalah wadah kegiatan yang beranggotakan keluarga yang mempunyai remaja, untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam pengasuhan dan pembinaan remaja sehingga dapat memahami remaja, permasalahan remaja, dan dapat melakukan komunikasi efektif dengan remaja.
  2. Kelompok PIK-R/M : Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKRemaja) adalah suatu wadah yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja itu sendiri guna memberikan akses informasi, pendidikan, konseling, dan pelayanan tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. PIK-Remaja berada di jalur pendidikan (sekolah-sekolah dan perguruan tinggi) serta di jalur masyarakat (komunitas remaja). Pengembangan kelompok PIK Remaja/Mahasiswa dengan menjadikan remaja sebagai pengelola, pendidik dan konselor sebaya sehingga kelompok ini dikelola dari, oleh, dan untuk remaja/mahasiswa.
  3. Mengenalkan 8 Fungsi Keluarga untuk membentuk keluarga yang berkualitas
  4. Mengenalkan 10 Dimensi Kesiapan berkeluarga sebagai perencanaan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja

Komentar atas PERTEMUAN KETAHANAN KELUARGA BERBASIS KELOMPOK KEGIATAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Kubutambahan

tampilkan dalam peta lebih besar