Pembinaan Tenaga Lini Lapangan

Administrator 20 Maret 2024 12:27:38 WITA

Rabu, 20 Maret 2024. Tim Pendampingan Keluarga (TPK) Desa Kubutambahan yang diwakili oleh 3 (tiga) orang TPK menghadiri kegiatan pembinaan tenaga lini lapangan yang bertempat di Balai Penyuluh Kecamatan Kubutambahan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk dapat meningkatkan kapasitas tenaga lini lapangan antara lain yaitu penyuluh KB/petugas lapangan KB/ASN maupun non ASN, dan Tim Pendamping Keluarga dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Buleleng.

Dalam pembahasannya dijelaskan kembali terkait dengan Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang merupakan sekelompok tenaga yang dibentuk dan terdiri dari Bidan, Kader TP PKK dan Kader kesehatan untuk melaksanakan pendampingan yang meliputi penyuluhan, fasilitasi pelayanan rujukan dan fasilitasi penerimaan program bantuan sosial kepada calon pengantin/calon pasangan usia subur, ibu hamil, ibu pasca persalinan, anak usia 0-59 bulan serta melakukan surveilans keluarga berisiko stunting untuk mendeteksi dini faktor-faktor risiko stunting. Dalam berbagai kondisi, komposisi tim pendamping keluarga dapat disesuaikan melalui bekerjasama dengan Bidan dari Desa/Kelurahan lainnya atau melibatkan tenaga kesehatan lainnya. 

Selain itu ada tugas khusus yang harus dilakukan oleh Tim Pendamping Keluarga, yakni: (1) Melakukan skrining 3 bulan pra nikah kepada catin untuk mengetahui factor resiko stunting, dalam upaya menghilangkan factor resiko tersebut, (2) Melakukan pendampingan kepada semua bumil dengan melakukan pemantauan/pemeriksaan kehamilan secara berkala, melakukan KIE KB pasca salin dan melakukan rujukan bila diperlukan, (3) Memantau tumbuh kembang Bayi dibawah umur 2 tahun. Di dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Tim Pendampingan Keluarga yang ada di masing-masing Desa akan didampingi/dibina oleh penyuluh KB yang dari Kecamatan

Komentar atas Pembinaan Tenaga Lini Lapangan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Kubutambahan

tampilkan dalam peta lebih besar