SOSIALISASI PENGENDALIAN PENYAKIT RABIES DI WILAYAH TEGAL

ADMIN 08 Desember 2023 11:08:25 WITA

Pemerintah Desa Kubutambahan bersama Puskesmas Kubutambahan I melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait dengan Pengendalian Penyakit Rabies di wilayah Banjar Dinas Tegal, Desa Kubutambahan. Ibu Heppy Puspita Sari selaku Promkes menjelaskan terkait dengan bahaya rabies. Rabies merupakan penyakit menular akut, menyerang susunan saraf pusat yang disebabkan oleh Lyssavirus. Virus rabies bisa menular melalui air liur, gigitan atau cakaran dan jilatan pada kulit yang luka oleh hewan yang terinfeksi rabies, hewan yang berisiko tinggi untuk menularkan rabies umumnya adalah hewan liar atau hewan peliharaan yang tidak mendapatkan vaksin rabies. Kasus penyakit virus rabies sudah membunuh sebanyak 50.000 orang dan jutaan hewan di setiap tahunnya dan lebih dari 98% kasus rabies disebabkan oleh anjing. Selain anjing adapun hewan berdarah panas lainnya yang dapat terinfeksi virus rabies seperti kucing, monyet, tupai dan kelelawar. Ibu Heppy juga memaparkan banyaknya kasus rabies terjadi pada anak-anak karena sebagian besar anak yang mengalami gigitan hewan tidak/takut melaporkan kejadian tersebut dengan orang tua dan kurangnya pengetahuan anak terkait virus rabies sehingga peran orang tua sangat penting untuk memberikan edukasi terhadap anak tentang pentingnya pencegahan dan penanganan virus rabies serta dimohon kepada orang tua untuk selalu terbuka dan tidak langsung memarahi anaknya apabila terkena kasus gigitan anjing agar anak-anak tidak takut untuk melaporkan kejadian tersebut kepada orang tua. Terdapat beberapa gejala rabies pada manusia sesuai stadium penyakit HPR, yaitu :

  1. Gejala awal rabies pada manusia/Stadium Permulaan dapat berupa : Badan lemas, Lesu atau tidak bertenaga, Tidak nafsu makan, Susah tidur, Demam atau suhu tubuh naik, Mual dan Muntah, Sakit kepala parah dan Sakit tenggorokan.
  2. Gejala rabies pada manusia saat stadium rangsangan atau sensoris dapat berupa : Nyeri pada Luka bekas gigitan disertai panas dan kesemutan, Cemas atau gelisah berlebihan, Reaksi berlebihan ketika ada rangsangan seperti cahaya, suara, atau gerakan.
  3. Gejala rabies pada manusia saat stadium gila dapat berupa : Penderita akan Berteriak-teriak, Menjambak-jambak rambut, Lari-lari atau lompat-lompat tanpa sebab, Takut air, Takut cahaya, Takut suara, Takut angin, Produksi air liur berlebih jadi mengiler, Banyak berkeringat, Sering kencing, Air mata banyak yang ke luar tanpa sebab jelas.
  4. Gejala rabies pada manusia saat stadium lumpuh penderita rabies biasanya mengalami tanda penyakit seperti : Mulut menganga, Lumpuh biasanya dimulai dari kaki dan mengalami Sesak napas karena otot-otot pernapasan juga lumpuh.

Tanda-tanda rabies pada hewan dibagi menjadi dua tipe gejala, yaitu :

Rabies yang ganas :

  • Suara menjadi parau
  • Tidak menurut perintah majikannya lagi
  • Menyerang dan menggigit apa saja yang bergerak/dijumpai
  • Lari tanpa tujuan
  • Lupa pulang
  • Menyerang/berkelahi dengan hewan lain

Rabies yang tenang:

  • Bersembunyi di tempat gelap/sejuk
  • Tidak mampu menelan
  • Mulut terbuka
  • Mengeluarkan Air Liur Berlebih
  • Mengalami Kejang-kejang
  • Berlangsung Singkat bahkan sering tak terlihat

Cara penanganan luka gigitan hewan penular rabies pada manusia atau yang dikenal dengan istilah post-esposure treatment (PET) yaitu :

  1. Bersihkan luka dengan sabun/detergen pada air mengalir selama 10-15 menit lalu diberi antiseptic. Cuci Luka gigitan/cakaran dapat mencegah penyebaran virus rabies hingga 80% sehingga cuci luka dengan air mengalir merupakan hal utama yang harus dilakukan bagi seseorang yang tergigit atau tercakar HPR
  2. Periksa dan lapor ke faskes terdekat bahwa telah digigit HPR
  3. Biasanya korban gigitan akan diberikan VAR (Vaksin Anti Rabies) dan/atau SAR (Serum Anti Rabies)
  4. Kurung dan amati HPR yang telah menggigit, bila hewan positif rabies biasanya akan mengalami gejala sakit rabies lalu mati dalam kurun waktu kurang dari 14 hari
  5. Untuk lebih tepatnya, HPR yang mati dibawa ke BBVet Wates untuk diuji rabies

Komentar atas SOSIALISASI PENGENDALIAN PENYAKIT RABIES DI WILAYAH TEGAL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Kubutambahan

tampilkan dalam peta lebih besar